Cara Memperbaiki Vespa Susah Hidup

Cara memperbaiki mesin vespa susah hidup memang sering sekali terjadi di saat yang kurang tepat. Beberapa pengendara mengalaminya saat sedang berkendara menggunakan scooternya untuk berpergian, dan tiba - tiba saja mesin vespa susah untuk hidup akhirnya seharian kita mencari cara mengatasi vespa yang susah untuk dihidupkan. Mungkin saja masalahnya mengapa susah hidup karena cara merawat vespa yang baik dan benar belum diterapkan secara maksimal.

Baca juga :  Cara Memperbaiki Vespa Ngempos

Masalah yang terkadang sering menyebabkan vespa susah hidup

  1. Karburator sering kotor atau spuyer tersendat
    Ini dampaknya langsung dengan vespa saat bergerak sehingga laju tersendat- sendat atau malah sulit untuk dihidupkan, kadang pula busi sering mati terlihat dari ujung busi isolatornya berwarna hitam kelam yang mengakibatkan hilangnya percikan api pada busi. Cara mengatasi karburator yang sering banjir atau kotor,
    • Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat
    • Periksa selang bensin dari kerak bahan bakar
    • Bersihkan karburator menggunakan kompresor angin periksa kembali lubang- lubang spuyer jangan sampai ada kotoran yang tertinggal, diperlukan ketelitian saat membersikannya
    • Periksa ukuran lubang spuyer sudah pas atau belum, jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Bila kebesaran bensin akan boros dan juga busi sering mati. Ukuran lubang spuyer berpatokan pada ukuran standar pabrik. Setingan jarum ideal harus pas menurut pengalaman beberapa orang caranya dengan menyetel stasioner karbu pada stelan tertinggi, lalu putar jarum ideal menggunakan obeng kekanan stelah berhenti putaran jarum kendorkan kembali ke kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara mesin di putaran ter tinggi atau standarnya 2-2,5 putaran obeng
  2. Pengapian
    Pengpian juga akan berdampak langsung pada laju motor atau motor tidak bisa hidup, biasanya kendala pengapian berada pada stelan platina yang tidak benar. Bisa juga salah satu perangkat pengapian sperti Busi, Koil, Platina, Kondensor, Spul pengapian ada yang sudah tidak layak pakai atau mati dan tidak berfungsi. Cara mengatasi hal tersebut,
    • Periksa warna ujung busi, bila berwarna hitam kelang busi tidak akan memercikan api, solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet dan main jet. Bila warna ujung busi merah bata maka pariksa ke bagian pengapian yang lain.
    • Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan ke massa, kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api berwarna biru. Bila tidak berwarna biru di sini percikan atau loncatan api berwarna merah ini berarti stelan platina tidak benar atau koilnya yang memang sudah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina.
    • Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan konektor plus nya kira-kira 0,5mm. Dengan menggunakan obeng min, perlu diingat penyetelannya jangan diketok (kecuali mendadak), karena antara konektor tidak lurus atau bengkok yang mngakibatkan umur platina tersebut menjadi kurang tahan lama. Loncatan yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator (kondensor)
    • Pemeriksaan kondensator amatlah mudah, apa bila terjadi lancatan api di platina ini di karenakan kondensator kamu sudah tidak layak pakai. Ganti kondensor anda atau dengan cara mencangkok kondensor yang lama dengan kondensor baru. Dengan kata lain sistem kondensatornya di-double dengan ukuran kapasitas kondensor yang sama 2 farad.
    • Cek spul pengapian anda masih layak pakai atau harus diganti dengan yang baru. Tanda spul pengapian rusak biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, atau spul putus.
Apabila semuanya stabil maka anda wajib memeriksa nap puur atau ketepatan pengapian, tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak, juga lihat kondisi rotor masih bagus atau sudah tidak rata. Ukuran nap puur adalah 21 drajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher diatas.






Yang terpenting pada cara memperbaiki mesin vespa Susah Hidup perlu ketelitian dan selalu rajin untuk merawatnya.

Forum Diskusi di sini : Cara Memperbaiki Vespa
Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
28 Juli 2016 pukul 01.20 ×

saya mau tanya gmana cara mengatasi pesva yang g mau hidup padahal pengapian bagus bahkan platina-kondensator,spool sudah saya ganti bahkan minyak lancar n g banjir, tapi masih jg g bsa hidup... bagai mana cara mengatasinya..Tlg kirim jawabanya ke email saya ya (jafriyansyah@gmail.com)

Reply
avatar
Unknown
admin
9 September 2017 pukul 06.56 ×

mesin vespa excel 150 saya tak boleh panas, jika panas susah untuk dihidupkan, gimana solusinya, tolong kirim ke emile sy

Reply
avatar
Unknown
admin
9 Desember 2017 pukul 05.14 ×

Om vespa saya masalahnya sama kaya om. Gimana solusinya? Apa sudah tau permasalahannya dimana? Kalo tau saya minta tolong balas ke email saya rivaldiajiy@gmail.com

Reply
avatar
joves p150s
admin
2 Mei 2019 pukul 08.13 ×

om saya mau tanya, vespa super kalo susah hidup kenapa dan solusinya gimana biar joss lagi , gampang hidup

Reply
avatar
joves p150s
admin
2 Mei 2019 pukul 08.14 ×

om saya mau tanya, vespa super kalo susah hidup kenapa dan solusinya gimana biar joss lagi , gampang hidup

Reply
avatar
saekoulan
admin
4 Maret 2022 pukul 10.32 ×

Play Spades for Fun at Mapyro® Casino - Mapyro
Find the best Spades Casino Casino 전라북도 출장샵 slot 군포 출장마사지 games and payouts at Mapyro® Casino. 전라북도 출장마사지 We have the 문경 출장샵 highest RTP slots with the highest RTP 군포 출장마사지 and highest

Reply
avatar