Cara Memperbaiki Mesin Vespa Sendiri tanpa ke Bengkel

Cara memperbaiki mesin vespa sendiri tanpa ke bengkel sebenarnya bisa saja, asalkan kita mengetahui pengapian dan sistematisnya. Tiap mesin motor memiliki kinerja yang berbeda jadi sebelum mencari tahu cara mengatasi, setidaknya harus mengetahui dasar – dasar dari pengapian itu sendiri. Beberapa orang sangat ingin berkendara dan berkeliling menggunakan vespa tapi mereka berasumsi bahwa mesin vespa sangat rumit dan bila mogok akan bahaya, karena tidak semua bengkel yang paham pengapian dari mesin vespa. Sebenarnya jika saja kita tahu dan mengenal bagian – bagian dasar dari mesin vespa mungkin akan memudahkan pengendara vespa jika mengalami masalah di kemudian harinya.


Jika kamu pernah mendengar istilah 2 tak atau mungkin 4 tak itu adalah sebutan untuk system pengapian mesin motor. Nah, pada mesin vespa kinerja mesin menggunakan basis 2 tak, yang man,

  • Langkah Pertama adalah pembilasan serta percampuran antara bahan bakar dan udara yang sebelumnya sudah di atur pada karburator.
  • Langkah Kedua yaitu proses penekanan bahan bakar ke ruang bakar sehingga terjadi ledakan dari percikan api busi, dan bahan bakar yang nantinya akan mendorong seher yang memutar poros engkol dan kopling gear transmisi.

Cara Memperbaiki Mesin Vespa Sendiri tanpa ke Bengkel
Berikutlah dasar dari pengapian mesin vespa, bahan bakar yang di isi ke tangki akan bercampur udara dan terurai atas bantuan karborator lalu proses pengapian selanjutnya yangn menyebabkan vespa bergerak. Ini perangkat dari mesin vespa itu sendiri,

  • KARBURATOR

Karburator vespa adalah alat yang mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar, ini sebuah alat yang bekerja secara kinetik tanpa alat elektronik, pengendara hanya mengatur suplai udara melalui tuas gas yang ada di stang / di kaki (kustom) lalu perangkat lainnya dari karburator menyesuai dengan sendirinya



  • PENGAPIAN

Pengapian Vespa adalah terjadinya satu percikan api busi sebagai penyulut bahan bakar yang telah tercampur dan terbilas oleh kru-kas yang ada di dalam ruang bakar guna terjadinya ledakan yang menghasilkan dorongan seher.

Api yang ada di busi dihasilkan dari spul platina yang berada di dalam magnet atau kipas, setrum dari spul di stabilkan kondensator (biasa disebut kondensor) berukuran 2 farad lalu di sinyalkan  atau sistem pemulsaran oleh platina.

Setrum yang melalui proses di atas di perkuat atau perbesar oleh koil, proses ini berdampak percikan api di busi berkekuatan lebih dari 4000 volt dengan titik ampere lemah, 

  • RUANG BAKAR

Ruang yang ada di dalam mesin vespa untuk menghasilkan tenaga berkapasitas 150 CC, di sini terjadi proses penyampuran antara bahan bakar berjenis bensin dengan udara (mixturisasi).
Setelah bahan bakar tercampur, di transperkan oleh seher yang telah terdorong oleh proses sebelumnya melelui rongga ransfering yang ada pada blok silinder, lalu bahan bakar mengalami penekanan ke ruang vakum yang ada pada head silinder
Nah di sini lah terjadi ledakan hasil dari tekanan dan percikan api busi
Sisa bahan bakar yang berjenis karbon dioksida dibuang ke udara lepas melalui lubang buang mengarah ke knalpot yang berfungsi memanfaatkan gas buang sebagai kompresi balik untuk menyempurnakan proses selanjutnya, dan knalpot ini berfungsi juga sebagai peredam suara ledakan

  • ROTASI ATAU PUTARAN MESIN

Tiga proses di atas menghasilkan rotasi atau perputaran mesin dan gir-gir yang ada di girbok melalui kopling, yang berpungsi sebagai otomatis penetral putaran gir sesuai dengan keinginan pengendara…
Dalam gir bok terdapati gear premier atau (gigi borobudur). Rotasi dari gir tersebut berhubungan langsung dengan gear sekunder (gigi seri / gigi roda). Sementara itu, transmisi dari kecepatan gigi 1 ke 4 diatur oleh crash gear (gigi silang)  Pengaturan ini langsung di hubungkan ke stang motor. Keunikan mesin ini dalam mantransferkan tenaga yaitu tidak menggunakan sistem rantai (seperti pada motor jepang atau 4 tak lainnya)


Yang terpenting pada cara memperbaiki mesin vespa sendiri adalah ketelitian dan selalu rajin untuk merawatnya.

Forum Diskusi di sini : Cara Memperbaiki Vespa

Oldest